Pages

Metamorfosis Tidak Sempurna



Metamorfosis Tidak Sempurna
            Berdasarkan perubahan bentuk tubuh hewan, metamorfosis dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna pada serangga senantiasa melalui tahap kepompong (pupa) dan bentuknya saat lahir berbeda sekali dengan bentuknya ketika dewasa. Misalnya, kupu-kupu, nyamuk, dan lalat. Sementara itu, metamorfosis tidak sempurna pada serangga tidak
melalui tahap kepompong dan bentuknya saat lahir tidak berbeda jauh dengan ketika sudah dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang dan kecoa.
1.        Daur Hidup Kecoa



Pernahkah kamu melihat kecoak? Kecoak disebut juga lipas. Kecoak berkembang biak dengan bertelur. Telur kecoak berselubung setelah dibuahi induk jantannya. Telur tersebut akan menetas menjadi kecoak muda (tempayak). Bentuk kecoak muda tidak jauh berbeda dengan bentuk kecoak dewasa. Perbedaannya, kecoak muda tidak bersayap. Selanjutnya, kecoak muda tumbuh menjadi kecoak dewasa yang bersayap. Setelah menjadi dewasa, kecoak akan bertelur. Demikian seterusnya.

2.        Daur Hidup Belalang


Telur menetas menjadi nimfa, yang terlihat seperti orang dewasa kecil tanpa sayap dan organ reproduksi. Nimfa menyerupai kecil, orang dewasa bersayap.Anakan yang baru menetas berwarna putih, namun setelah paparan sinar matahari, mereka menganggap warna khas dan tanda-tanda orang dewasa. Nimfa meranggas kulit mereka berkali-kali saat mereka tumbuh menjadi orang dewasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar